Selasa, 06 Januari 2009

Hidup itu indah

Tulisan ini saya ambil dari buku Life is Beautiful (Sebuah jendela untuk melihat dunia) karangan Arvan Pradiansyah.


Hidup yang indah adalah sebuah kenyataan. Namun keindahan hidup tidaklah tergantung pada apa yang kita miliki. Keindahan hidup tergantung pada cara kita melihat, dari jendela yang kita gunakan untuk melihat dunia, jadi kita harus sering membersihkan jendela yang kita pakai. Namun, banyak orang sulit menikmati hidup, dikarenakan:
  1. Adanya keyakinan bahwa Anda tidak dapat bahagia tanpa hal-hal yang Anda pandang bernilai dan yang membuat Anda terikat. Anda tak bahagia karena lebih memusatkan perhatian pada segala sesuatu yang tidak Anda miliki bukan pada apa yang Anda miliki sekarang.

  2. Anda percaya bahwa kebahagiaan adalah dimasa depan, terlalu berobsesi pada ”bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”, trus kapan Anda bahagia?

  3. Anda tidak bahagia karena selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain.

  4. Anda percaya bahwa kebahagiaan akan datang bila Anda berhasil mengubah situasi dan orang-orang disekitar Anda.

  5. keyakinan bahwa Anda akan bahagia kalau semua keinginan Anda terpenuhi.

Keadaan apapun yang kita alami sebenarnya bersifat netral, kita-lah yang memberikan label positif atau negatif terhadapnya.


Kalau Anda menginginkan perubahan yang kecil dalam hidup Anda, garaplah perilaku Anda. Tapi bila Anda menginginkan perubahan-perubahan yang besar dan mendasar, garaplah paradigma Anda. (Stephen Corey)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar