Selasa, 06 Januari 2009

Musik Kesukaan, Cermin Kepribadian

Hasil penelitian menarik hubungan antara kegemaran pada jenis musik dengan kepribadian dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology pada Juni 2003. Dalam penelitian itu disebutkan pilihan seseorang terhadap suatu jenis musik dapat dijadikan petunjuk penting untuk menebak kepribadian seseorang.

Penelitian dilakukan dalam enam penelitian terpisah terhadap 3500 mahasiswa. Mereka dimintai pendapatnya mengenai jenis musik yang mereka gemari, bagaimana perasaan mereka ketika mendengarkan suatu jenis musik, seberapa jauh mereka percaya bahwa musik kegemaran mereka berhubungan dengan kepribadian mereka, bagaimana pandangan mereka terhadap diri sendiri. Dari sini muncul jenis-jenis musik yang mereka sukai, seperti jazz, blues, heavy metal, klasik, dan lain-lain.

Pada studi terpisah, para mahasiswa diminta mengidentifikasi tipe kepribadian mereka dan melukiskan bagaimana sesungguhnya diri mereka. Selanjutnya, para peneliti melakukan kaji silang (coss check) dengan jawaban mereka terhadap musik kegemaran.

Ternyata, mahasiswa penyuka musik riang dengan vokal umumnya memiliki kepribadian periang (ekstrovert). Responden yang bersikap terbuka terhadap pengalaman baru dan memandang diri mereka lebih tahu, memilih musik yang komposisinya rumit. Mereka yang menyukai musik konvensional, memiliki pandangan hidup konservatif. Mahasiswa yang memandang fisik mereka kuat dan atletis, menyukai musik ritmik dan penuh semangat.

Peneliti lain menemukan bahwa suasana hati seseorang pada saat tertentu juga menentukan jenis musik yang didengarkan. Bila sedang gembira, ada kecenderungan lebih menyukai life jazz. Sebaliknya, jika sedang murung, lebih menyukai musik berirama blues.

Sumber: Majalah Nirmala


Tidak ada komentar:

Posting Komentar